Info Karir di Kota Mataram

Desember 01, 2019
1. Calon yang paling memenuhi syarat belum tentu mendapatkan tawaran pekerjaan

Sering kali, kandidat dengan kualifikasi lebih rendah mendapatkan tawaran pekerjaan hanya karena mereka telah menyiapkan dan menampilkan diri dengan cara yang lebih menarik. Dengan kata lain, mereka adalah pemasar mandiri yang lebih baik daripada kandidat lainnya!

Dalam pasar kerja yang ketat, menjadi berkualitas tidak pernah cukup. Anda harus DEMONSTRASI kepada majikan bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Bergantung pada usia Anda dan bagaimana orang tua Anda membesarkan Anda, Anda mungkin beroperasi di bawah pola pikir "angan-angan" mengenai konsep meritokrasi. Ini akan mencakup pesan budaya berikut dan asumsi yang mendarah daging bahwa banyak dari kita telah "menggali kepala kita" oleh orang tua dan guru yang bermaksud baik:

 Mendapatkan nilai bagus menjamin kesuksesan di perguruan tinggi dan dalam kehidupan
 Menjadi pintar berarti Anda akan melakukan lebih baik daripada orang yang tidak pintar (atau setidaknya tidak sepandai Anda)
 Kerja keras adalah hadiahnya sendiri - dan juga merupakan jalan terbaik menuju hadiah lain
 Prestasi dan pengakuan berjalan seiring. Dengan kata lain, lakukan saja dengan baik dan orang lain (guru, profesor, majikan, bos, CEO) akan mengenali dan memberi penghargaan kepada Anda untuk itu

Dalam lanskap pekerjaan yang sulit, kualifikasi dan prestasi yang kuat diperlukan, tetapi tidak cukup, untuk menemukan pekerjaan yang Anda sukai dan mendapatkan apa yang pantas Anda dapatkan.

Katakanlah Anda bersaing dengan kandidat lain yang kualifikasinya sama kuatnya dengan Anda. Apa yang harus dilakukan manajer perekrutan? Jawabannya jelas - mereka akan dipengaruhi oleh seberapa baik pekerjaan yang Anda lakukan dalam PEMASARAN, PENJUALAN dan POSISI kualifikasi yang kuat itu.

Pada akhirnya, pemasar mandiri terbaiklah yang mendapatkan pekerjaan itu. Jangan tertipu untuk percaya bahwa dunia bisnis adalah meritokrasi - tidak. Jelas ini bisa berupa kabar baik atau kabar buruk, tergantung pada bagaimana Anda memposisikan diri Anda hingga titik ini dalam karier Anda. Anda perlu meningkatkan keterampilan memasarkan diri sendiri ke titik di mana Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang hebat terlepas dari "cuaca" ekonomi, berita pengangguran, atau ledakan Wall Street terbaru!

2. Waktu terbaik untuk bekerja pada karir Anda adalah ketika pekerjaan Anda aman

Bahkan jika Anda bekerja dengan sangat bahagia hari ini, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok! Untuk menghindari bencana karier, Anda harus memasukkan konsep "Manajemen Karir Abadi" ke dalam kehidupan profesional Anda.

Tugas-tugas penting seperti menjaga agar kisah sukses Anda tetap mutakhir, atau berjejaring secara teratur dengan para profesional di industri Anda, harus dimasukkan ke dalam rutinitas Anda apakah ekonomi itu baik atau buruk - dan apakah Anda merasa perlu atau tidak.

Inilah contoh kehidupan nyata. Beberapa tahun yang lalu, saya memiliki klien yang berada dalam posisi penjualan dan pemasaran tingkat senior di sebuah perusahaan manufaktur besar. Dia memiliki segalanya untuknya bersama majikan - dia adalah anggota tim manajemen senior, dia telah bersama perusahaan selama 13 tahun, dan dia secara konsisten dipuji karena kerja keras dan profesionalismenya. Tak perlu dikatakan, dia merasa sangat nyaman dan aman di posisinya. Dia tidak pernah melihat apa yang akan terjadi.

Karena kemerosotan ekonomi dan akuisisi akhirnya perusahaan, klien saya tiba-tiba dilepaskan pada pagi November yang segar. Satu jam kemudian, dia mendapati dirinya duduk di mobilnya di tempat parkir - bertanya pada dirinya sendiri berulang kali, "Bagaimana ini bisa terjadi? Saya melakukan pekerjaan yang begitu baik untuk mereka!" Dan yang terburuk, klien saya sama sekali tidak siap! Dia tidak memiliki alat yang diperlukan untuk menemukan posisi lain yang sesuai dalam jangka waktu yang wajar. Secara alami, dia merasa khawatir dan takut. Dia kemudian mengatakan kepada saya bahwa bagian terberat adalah merasa benar-benar tidak berdaya.

Apa artinya ini bagi Anda? Ini berarti bahwa Anda harus mempertimbangkan untuk mengadopsi pendekatan yang berbeda, pendekatan "Manajemen Karir Abadi" - tidak hanya untuk menghindari perasaan tidak berdaya, tetapi untuk benar-benar mengambil alih karier Anda sekali dan untuk semua.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, alih-alih berfokus sepenuhnya pada pekerjaan Anda, Anda harus fokus pada mengelola karier Anda - setiap saat, terlepas dari di mana ekonomi atau pasar kerja berada!

Itulah kunci yang akan membantu Anda memangkas bulan dari pencarian pekerjaan Anda berikutnya, secara signifikan meningkatkan gaji Anda, dipromosikan lebih cepat, dan tidak pernah khawatir lagi tentang keamanan kerja atau PHK.

Alih-alih berfokus sepenuhnya pada pekerjaan Anda, Anda harus fokus pada mengelola karir Anda - setiap saat, terlepas dari di mana ekonomi atau pasar kerja berada!

3. Lulus dari sekolah adalah awal dari pendidikan Anda, bukan akhir

Dalam masa ekonomi yang baik atau buruk, Anda harus selalu mencari cara untuk memajukan pengetahuan industri dan kualifikasi profesional Anda. Menghadiri seminar, membaca jurnal perdagangan, mengejar sertifikasi, dll. - kegiatan ini harus menjadi bagian dari proses pengembangan profesional berkelanjutan Anda. Sangat penting bahwa setiap profesional tetap mutakhir di bidangnya. Tidak ada perusahaan yang mau merekrut kandidat yang basis pengetahuannya ketinggalan zaman. Selain itu, mengapa organisasi Anda saat ini dan bos saat ini inginkan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »